Search

Loading...

About Me

AgungSlo
Jakarta sep 1977 www.facebook.com/agungslo
View my complete profile
Saturday, October 9, 2010

PostHeaderIcon Penetasan Telur Secara Manual

Salam Hangat....!!!
     Banyak yang bertanya cara menetaskan telur secara manual tapi alami.Ada temanku yang berada dijakarta utara bertanya kepada saya,dia hobi pada ayam serama.Cara ini didapat dari kakek saya,awalnya ditahun 1999 ketika itu saya sedang menganggur,saya punya ayam bangkok 1 pejantan dan 2 betina.Saya hanya mendengar teorinya aja,waktu itu saya pakai kardus indomie dan lampu 40 watt,apa daya semua telur matang.
     Saya pelajari lebih dalam,akhirnya ketemu sudah ilmunya,Untuk teman-teman ini ada trik nya :
  • Siapkan kardus indomie,kenapa harus kardus itu karna lebar dan tinggi nya pas.
  • Sekam yang kering,kalau bisa dijemur dulu lebih baik.
  • Lampu 5 watt,tentu aja kabelnya ya.
  • Spidol yang tahan lama.
  • Yang terakhir tentu aja telur ayam. Untuk telur yang baik,usahakan telur dalam keadaan kering,dikandang ayam taruh lah sekam atau sejenisnya ditempat telur ayam itu tidak lebih umur 1 minggu.
     Oke kita mulai saja.
  1. Sekam yang kering ditaruh didalam kardus indomie,lalu ratakan ya kurang lebih 2cm lah,
  2. Siapkan telur dan spidol lalu beri angka pada sisi telur hingga ada 4 angka seperti gambar ini :           Saya pernah memperhatikan ayam saya ketika itu ayam saya letakkan didalam aquarium yang cukup besar,nah setiap 6jam itu ayam bangun dan dengan kakinya dia memutar ayam itu kesisi satunya,saya iseng sya putar lagi ayam pun tahu mana yang belum diputar dan sudah diputar. Itulah fungsi angka biar kita ga kelebihan memutarnya.
  3. Lampu 5 watt diletakkan ditngah-tengah kardus seperti gambar ini                dengan jarak kurang lebih 7-10 cm yang pokoknya tidak dekat tidak jauh pake perasaan aja.
  4. Tinggal tunggu hasilnya dech...
Sebenarnya banyak cara menetaskan telur ayam,menurut saya cara ini lebih efektif dari 3 cara yang sudah saya praktikkan.
Jika ada kesempatan nanti akan kita bahas cara-cara lainnya.Mohon maaf jika ada kata yang kurang baik dalam ejaan atau penulisan.Kritik dan saran yang ngebangun saya harapkan dari teman-teman.

13 comments:

didik kurniawan said...

terima kasih atas informasinya sebab sangat sangat bermanfaat bagi saya

leo nardo said...

leonardo tenks gan saya bolehnaya engak pakek termometer gan ya buat ngatur suhu

Boru Sinaga Punya Cerita said...

thanks info ny,mas.. :)

man.blogspot.com said...

Telur saya gan jadi mateng,,soalnya gak tau caranya....hehehehe

Anang Indrawanto said...

very good ide,,,,,ada keterangan,,,ada foto-fotonya,, ada pengalaman kegagalan,,,,,trimakasih banyak

Fendy Krikell said...

Untuk mengetahui kpan telur itu akan menetas jarak nya brapa hri gan...bls

reksa abdi said...

gan kalo mati lampu gimana tuh gan? trus ane ada baca artikel lain, katanya suhunya sekitar 38-39 derajat cecius, sedangkan cara agan ini ane coba suhunya cuma 35derajat gan, bisa juga nggak tuh gan?

AgungSlo said...

Salam...
Maaf karena kesibukan saya jadi jarang mantau...terima kasih untuk semua..mau pake mesin atau manual semua rata2 21 hari ..maaf jika tidak bisa terjawab silakan pm melalui fb..

AgungSlo said...

Salam...
Maaf karena kesibukan saya jadi jarang mantau...terima kasih untuk semua..mau pake mesin atau manual semua rata2 21 hari ..maaf jika tidak bisa terjawab silakan pm melalui fb..

Abdullah syafiq said...

maaf gan kira kira jarak antara telur dan lampunya idealnya brapa cm???

royan al ubaidah lubis said...

gan apakah boleh telurnya dipegang langsung oleh tangan waktu memindah ke kardus ...

Batik Lasem "KRAJAN" said...

goooddd...

RUH HAYAT said...

wakakakakakakkakakakaka.............
pakek kardus apa gak di bok obok tikus gan

untuk semua jenis ayam, bebek, angasa , kalkun bisa juga gak gan???

ambisi banget gue mau ternak nih

Post a Comment